Tahun Baru Sejarah Baru

11.49 Posted by Rendra Kurniawan 07

Tahun Baru Sejarah Baru

Lengkingan terompet dan tumpukan manusia yang saling berdempet telah memadati alun-alun di kota ini. Riuh gemerlap lampu yang menghiasi panggung hiburan sejenak mengistirahatkan pikiran kita tentang kondisi bangsa ini. Semua tertumpah dalam suka ria menyambut datangnya tahun 2014. Kembang api yang tak kunjung berhenti mengingatkan kita bahwa tahun depan kita harus lebih berarti.
Memang benar bahwa 2013 hanya akan menjadi lembaran sejarah yang sudah kita tutup demi menyambut lembaran baru dengan semangat baru di 2014, namun tentunya sebagai manusia yang selalu belajar dari kesalahan, seharusnya kita bisa mengumpulkan potongan-potongan sejarah kelam yang telah kita lakukan untuk menjadi refleksi besar menyambut 2014. Mengingat apa yang dikatakan mantan presiden Amerika Serikat Theodore Rossevelt bahwa "Orang akan lebih mudah menatap masa depan ketika bisa belajar dari masa lalu". Soekarno juga pernah meneriakkan kata-kata sakti, "Jasmerah, jangan sekali-sekali melupakan sejarah".
Hal itu menunjukkan bahwa sejarah memberikan pembelajaran berarti bagi kita, 2014 merupakan tahun baru dimana kita nantinya akan menuliskan sejarah baru. Teori kausalitas berlaku dalam hal ini, tentang apapun yang kita perbuat tentunya akan melahirkan sebab dan akibat, maka dari itu setiap langkah kita harus sudah terarah.
Semoga pergantian tahun yang kita rayakan bersama di Alun-Alun Tulungagung bukan hanya menjadi acara seremonial tahunan yang hanya menjadi kenangan, namun bisa menjadi bahan refleksi untuk menentukan aksi kita kedepan.
Selamat Tahun Baru 2014!!!

0 komentar:

Posting Komentar